Minggu, 05 Maret 2017

Wisata Kuliner Pasar Badog Purbalingga


Hallo sobat kulliner,, sudah siap untuk jalan-jalan belum?
Yah langsung saja yuk ke Pasar Badog. Ada yang sudah pernah denger belum tentang pasar yang satu ini..hehehe. Ya, Pasar Badog memang pasar makanan dan aneka jajanan. Baik yang belum diolah maupun siap santap tersedia disini.

Kata 'Badog', dalam bahasa banyumasan memiliki arti makan. Tak heran jika Pasar Badog pun jualanya adalah 'badogan' atau makanan semua. Tapi jangan gunakan kosakata 'badog' untuk makan atau 'badogan' untuk makanan dalam percakapan sehari-hari dengan orang yang lebih tua. Karena 'badog' dan 'badogan' merupakan bahasa kasar (ngoko).

Pasar Badog, berlokasi di Kelurahan Bancar, Kecamatan Purbalingga, tak jauh dari Kantor Pengadilan atau terminal Bancar. Tak akan sulit mencarinya meski agak masuk dari jalan utama. Jika naik angkutan umum, tinggal turun di Terminal Bancar lalu jalan kaki sekitar 200 meter.

Lalu sejak kapan pasar itu berdiri? Jarang orang yang mengerti bagaimana sejarahnya, hjanya beberapa orang tua yang tinggal disekitar pasar unik tersebut mengatakan bahwa pasar di tepi Sungai Klawing itu sejak Jaman Kolonial. Sejak awal, pasar itu juga menjual dagangan utamanya adalah makanan.

Penjual di pasar ini sebagian besar merupakan kaum hawa. Mereka berdatangan dari desa-desa di seluruh pelosok Purbalingga untuk menjual penganan yang menjadi barang dagangan utamanya. Penganan itu sebagian besar berbahan dasar komoditas pertanian. Rupa-rupa makanannya, hampir semua jenis jajanan ada.

Kompleks Pasar Badog sebenarnya tak begitu luas, arealnya hanya sekitar 80 meter persegi yang diatasnya dibangun beberapa los dan kios. Namun, hampir semua pedagang lebih suka menggelar dagangan di luar pasar, yaitu, di tepi jalan umum dan sekitarnya. Oleh karena itu, suasana di dalam pasar justru sepi dan di jalan umum ramai oleh lapak dadakan para pedagang. 

Oleh karena itu, lalu lintas pun akan terganggu saat jam efektif jual beli pasar itu, dari jam 04.00 sampai 09.00 pagi.  Pasar Badog memiliki hari pasaran setiap Hari Minggu dan hari-hari libur lainnya. Pada hari pasar ini, suasana pasar akan sangat ramai. Pembeli dari berbagai pelosok Purbalingga datang. Tak jarang ada pembeli yang 'kulakan' atau beli untuk dijual kembali. 

Yuk jalan jalan ke kota perwira...jangan lupa ajak admin ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar